Rabu, 01 Oktober 2014

Tips Cara Mengajar di Kelas Conversation Bahasa Inggris

tips mengajar conversation,percakapan bahasa inggris
Mengajar di kelas conversation atau percakapan bahasa Inggris bisa jadi suatu hal yang sulit namun sekaligus menantang bagi seorang guru bahasa Inggris. Bagaimana tidak demikian, mendorong siswa untuk sekedar mau mencoba berbicara bahasa asing ini cukup susah dan banyak tantangannya. Namun disisi lain jika seorang guru mampu melakukan hal tersebut dengan baik, maka menjadi suatu prestasi dan pengalaman mengajar yang cukup memuaskan dan patut diacungi jempol. 

Komunikasi secara lisan adalah tujuan utama dari pengajaran bahasa Inggris baik itu di kelas conversation ataupun kelas materi regular. Seorang guru perlu banyak mencoba dan berpikir kreatif tentang berbagai metode atau cara mengajar percakapan yang sekiranya bisa mendorong siswa untuk mau berbicara. Analisa yang baik dari setiap metode atau cara mengajar conversation yang diterapkan juga bisa membantu guru dalam mengembangkan metode itu sendiri.

Metode atau cara mengajar conversation disini tidak akan melibatkan penutur asli sebagai sumber belajar karena tentunya tidak semua sekolah ataupun lembaga bimbel bisa melakukannya. Namun seandainya bisa, hal itu pastinya akan lebih baik.

Tips Cara Mengajar di Kelas Conversation Bahasa Inggris

Beberapa tips sederhana berikut mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian praktisi pengajar bahasa, namun tentunya akan sangat bermanfaat bagi mereka yang masih pemula 

Kelas yang efektif

Dalam kelas materi seperti halnya mengajarkan grammar, kelas yang efektif bisa terdiri dari 10-20 siswa. Namun di kelas conversation bahasa Inggris 3-5 siswa akan jauh lebih efektif dan maksimal. Dengan jumlah siswa yang demikian, kondisi kelas akan lebih tenang, seorang guru bisa lebih fokus dalam mengajar dan melakukan pendekatan psikologis terhadap siswa. Pendekatan ini dirasa cukup penting dalam kelas percakapan bahasa Inggris sebagai upaya untuk mendorong dan meningkatkan rasa percaya diri siswa. Dengan demikian kelas yang efektif akan memberikan kesempatan yang lebih banyak dan leluasa kepada siswa untuk berbicara bahasa Inggris.

Pengelompokan tingkat kemampuan siswa

Selain kelas yang efektif, mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kemampuan juga sangat penting dalam mengajarkan conversation. Tingkat kemampuan disini bukan berarti memarginalkan kemampuan bahasa Inggris di antara siswa namun lebih kepada tujuan memaksimalkan proses pengajaran di dalam kelas dan memaksimalkan kemampuan siswa itu sendiri. Pengelompokan ini bisa dilakukan oleh guru melalui serangkaian proses belajar awal secara bersama-sama. 

Adakan kelas materi khusus

Dua tips di atas belum cukup untuk mambantu seorang guru di kelas percakapan. Kelas percakapan bahasa Inggris harus diimbangi juga dengan memberikan materi grammar kepada siswa. Apapun alasannya kelas materi ini sangat diperlukan untuk menunjang kemampuan siswa dalam belajar percakapan yang baik dan benar. 

Pilihlah materi yang sederhana

Dalam kelas conversation bahasa Inggris, materi yang dimaksud disini adalah reading text yang digunakan untuk latihan membaca, gambar ataupun sumber belajar conversation yang lain. Jika berupa reading text, pilihlah yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa terhadap penguasaan kosa kata. Bahkan untuk level conversation SMP, Anda bisa menggunakan reading text anak SD. Begitu juga jika sumber belajar berupa gambar atau yang lain, Anda harus memikirkan tingkat kesulitannya. Sesuaikan dengan tingkat perkembangan kemampuan siswa.

Jangan melihat hasil tapi prosesnya

Terkadang pada titik jenuh, Anda sebagai seorang guru merasa kecewa ataupun kesal karena lambannya kemajuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Anda tidak perlu berkecil hati. Meskipun dalam 1 jam tatap muka seorang siswa hanya berani berbicara bahasa Inggris satu kali atau dua kali, namun setidaknya siswa sudah mencoba dan mengalami sendiri proses belajar percakapan. Dari satu kali kalimat yang diucapkan itulah akan menyusul puluhan, ratusan bahkan ribuan kalimat lainnya. 

Demikian beberapa tips cara mengajar di kelas conversation bahasa Inggris bagi teman-teman guru. Semoga bermanfaat dan mohon maaf atas keterbatasannya.