Sabtu, 16 Agustus 2014

3 Point Grammar Percakapan Bahasa Inggris Bagi Pemula

Tags

percakapan bahasa inggris
Mungkin dari beberapa artikel mengenai cara cepat belajar bahasa Inggris baik itu yang Anda jumpai di internet maupun di blog ini, grammar tidaklah menjadi fokus utama yang harus dipelajari terlebih dahulu. Belajar percakapan bahasa Inggris secara langsung dengan cara banyak meniru melalui kegiatan listening menjadi langkah awal yang dianggap paling tepat dan cepat dalam menguasai bahasa Inggris.

Meskipun demikian ada beberapa point grammar yang saya anggap cukup penting untuk dipelajari seorang pemula yang belajar percakapan bahasa Inggris atau yang ada di kelas conversation. Beberapa point grammar ini sedikit banyak akan membantu Anda lebih percaya diri untuk mencoba berbicara bahasa Inggris.

Memahami konsep kalimat tanya bahasa Inggris

Bayangkan jika Anda sebagai pemula dalam kelas percakapan belum memiliki dasar sama sekali bagaimana untuk mengajukan pertanyaan dalam bahasa Inggris ! tentunya Anda akan lebih pasif karena guru atau tutor Andalah yang akan bertubi-tubi mengajukan pertanyaan dan pada akhirnya kehabisan ide untuk bertanya. Komunikasi tentunya menjadi kurang efektif dan tidak berkembang.

Kasus seperti ini yang juga sering saya temukan dalam kelas materi atau conversation. Selain kosa kata yang masih minim, siswa cenderung tidak percaya diri untuk berbicara dikarenakan mereka tidak tahu bagaimana cara mengajukan pertanyaan dalam bahasa Inggris. Bahkan bahasa Inggrisnya siapa, apa, atau mengapapun terkadang belum kenal. Tidak ada salahnya dalam kelas percakapan bahasa Inggris seperti ini, siswa diberikan materi dasar mengenai kalimat tanya.

Konsep pola kalimat dasar bahasa Inggris 

Di awal kelas conversation, akan lebih baik jika Anda diperkenalkan dengan berbagai bentuk pola dasar kalimat bahasa Inggris. Setidaknya Anda akan memiliki gambaran jelas tentang struktur kalimat sederhana yang baik. Setidaknya Anda tahu bahwa pola kalimat bahasa Inggris tidak jauh berbeda dengan kalimat bahasa Indonesia.

Konsep Kalimat nominal dan verbal

Dalam megekspresikan sebuah kalimat, kesalahan umum yang sering dilakukan seorang pemula yaitu menempatkan to be dalam kalimat verbal dan sebaliknya tidak menempatkan to be pada kalimat nominal. Di awal usaha siswa dalam menyusun kalimat dan berbicara bahasa Inggris, kesalahan seperti ini sebaiknya jangan dikoreksi dulu untuk menjaga rasa percaya diri siswa tidak menurun. Namun ketika mereka sudah cukup terbiasa dalam berekspresi, tidak ada salahnya mulai sedikit memberikan pemahaman singkat mengenai konsep kalimat nominal dan verbal ini kepada mereka.

Saya yakin dengan menguasai ketiga point grammar di atas, siswa akan lebih leluasa untuk mengeksplorasi kemampuan berbicara dan kosa kata yang dimiliki dengan lebih percaya diri. Mendorong siswa untuk berani berbicara atau melakukan percakapan bahasa Inggris bukanlah perkara yang mudah. Perlu kiat-kiat khusus dari masing-masing guru sesuai dengan kemampuan siswa.