Jumat, 25 Juli 2014

Penggunaan Participle Bahasa Inggris

Tags

penggunaan participle bahasa inggris
Belajar mengenai penggunaan participle bahasa Inggris akan membantu kita memahami pola susunan kalimat bahasa Inggris secara lebih luas. Participle dalam bahasa Inggris ada dua macam yaitu present participle atau yang sering disebut verb-ing dan past participle atau verb-3. Perlu diketahui bahwa gerund disebut juga verb-ing. Jadi yang disebut present participle adalah verb-ing selain sebagai noun/gerund. Mengenai fungsi gerund sendiri mungkin akan kami bahas pada artikel berikutnya.

Dulu ketika masih awal pemula belajar bahasa Inggris, penulis sendiri sempat bingung memahami pola kalimat yang ada participle di dalamnya, begitu juga ketika menggunakannya dalam kalimat. penggunaan participle bahasa Inggris akan terlihat sederhana tapi jika Anda belum tahu betul dan memahami teori yang ada, maka penulis jamin akan sedikit tersesat. (ha3x). Contoh yang pernah penulis alamai adalah menggunakan participle sebagai adjective atau kata sifat baik itu present atau past. Yang seharusnya memakai present participle malah memakai bentuk past, begitu juga sebaliknya. Nah supaya tidak bingung lagi silahkan disimak sharing artikel berikut ini :

Fungsi penggunaan participle bahasa Inggris

Pada intinya participle baik itu berbentuk present atau past keduanya memiliki dua fungsi utama yaitu sebagai verb atau kata kerja dan sebagai adjective atau kata sifat. Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Sebagai fungsi verb, participle selalu ada dalam kalimat pasif dan beberapa tenses bahasa Inggris yang menggunakan verb-3 atau verb-ing. Contohnya tenses continuous atau perfect baik itu present, past atau future. Perhatikan contohnya :
    I am watching television right now -- present continuous tense
    He was studying English yesterday -- past continuous tense
    She has been sitting here since seven o'clock -- present perfect continuous
    Andi had been listening to the radio when his mother came home from US -- past perfect continuous tense
    They will be traveling to Jakarta when I comes tomorrow morning -- future continuous tense
    Yuda has finished his homework -- present perfect tense
    He had eaten before we asked him -- past perfect
    The man will be pointed as a manager -- passive voice
  2. Sebagai adjective atau kata sifat
    Menggunakan participle bahasa Inggris sebagai adjective harus cukup jeli. Jangan sampai keliru atau terbalik menggunakannya dalam kalimat seperti apa yang pernah saya alami dulu. Yang semestinya present participle malah memakai past participle. Perhatikan saja penjelasan berikut ini !
    • Participle sebagai adjective lazimnya diletakkan sebelum noun dan berfungsi sebagai modifier atau penjelas dari noun tersebut
      Contoh :
      a boring person -- orang yang membosankan
      Interesting cars -- mobil yang menarik
      Interested men -- orang-orang yang tertarik
      bored men -- orang-orang yang bosan
    • Kata sifat yang terbentuk dari present participle lazimnya menambahkan me- pada arti atau terjemahannya. Participle ini cenderung membawa makna kalimat aktif.
      Contoh :
      Kalau Anda bermaksud mengucapkan kalimat : Filmnya kemarin benar-benar mengecewakan, maka bahasa Inggrisnya seperti berikut :
      Benar -- The film was really disappointing
      Salah -- The film was really disappointed
    • Sedangkan kata sifat yang terbentuk dari past participle lazimnya menambahkan ke-an atau ter-. Participle ini cenderung membawa makna kalimat pasif.
      Contoh :
      Kalau Anda bermaksud mengucapkan kalimat : Saya benar-benar bosan dengan film kemarin, maka bahasa Inggris yang harus ditulis seperti ini :
      Benar -- I was really bored to the film yesterday
      Salah -- I was really boring to the film yesterday
      Benar -- My friend is frightened by the thunder -- temanku ketakutan oleh petir
      Salah -- My friend is frightening by the thunder
      Benar -- Thunder is really frightening to me -- petir benar-benar menakutkan bagiku
      Benar -- He was amused in the competition yesterday -- dia terhibur pada pertandingan kemarin

    Ada banyak sekali contoh penggunaan participle bahasa Inggris yang bisa Anda buat sendiri. Berlatih dengan langsung praktik adalah jalan terbaik untuk menuju kesempurnaan belajar.