Minggu, 29 Desember 2013

Tips Mudah Belajar 16 Tenses Bahasa Inggris

Tags

tenses,tenses bahasa inggris,16 tenses bahasa inggris,belajar tenses bahasa inggris,tips mudah belajar tenses bahasa inggris
Tenses adalah bentuk perubahan kata kerja pada kalimat untuk membentuk perubahan waktu. Dalam bahasa Inggris ada 16 tenses bahasa Inggris yang perlu dikuasai dengan lancar, baik itu rumus ataupun penggunaannya. Meski bagi pemula belajar mengenai tenses selalau dianggap sulit, namun mungkin tidak lagi bagi yang sudah memahaminya, karena sulit bukan berarti tidak bisa dipelajari bukan ??. Ada banyak cara atau tips mudah belajar tenses bahasa Inggris di luar sana yang bisa dijadikan referensi atau rujukan sebagai upaya mempermudah proses belajar kita, termasuk yang akan saya share berikut ini.

Tenses pada dasarnya hanya ada 3 bentuk

Jika diamati dari 16 tenses bahasa Inggris yang ada, sebetulnya bisa dikelompokkan menjadi 3 bentuk dasar saja, yaitu bentuk waktu sekarang (present), bentuk lampau (past), dan bentuk yang akan datang (future). Dari ketiga bentuk ini bisa dikembangkan menjadi 16 bentuk.
1. Simple present
2. Simple past
3. Simple future

Dari 3 bentuk di atas, tambahkan kata ‘progressive’ dibelakangnya !
4. Present progressive
5. Past progressive
6. Future progressive

Masih dari 3 bentuk dasar di atas, tambahkan kata ‘perfect’ !
7. Present perfect
8. Past perfect
9. Future perfect

Dari bentuk nomor 7, 8, dan 9 tambahkan kata ‘progressive’ lagi !
10. Present perfect progressive
11. Past perfect progressive
12. Future perfect progressive

4 berikutnya merupakan bentuk ‘past future’ yang digabungkan dengan progressive, dan perfect
13. Past future
14. Past future progressive
15. Past future perfect
16. Past future perfect progressive

Bagi pemula mempelajari 12 tenses yang pertama sudah cukup, karena 4 dari yang terakhir jarang digunakan.

Pahami penggunaan semua tenses hanya dari 5 saja

Terkadang kita sudah hafal nama-nama dari keenambelas bentuk waktu di atas, namun masih merasa sulit atau memang terkadang malas untuk memahami fungsi atau penggunaan dari setiap bentuk waktu di atas secara mendetail. Tipsnya, cukup pahami penggunaan 16 tenses bahasa Inggris di atas hanya dari 5 tenses saja karena pada dasarnya sisanya merupakan kombinasi dari kelima tenses ini yaitu : simple present menyatakan kejadian atau kegiatan pada masa sekarang, simple past menyatakan kegiatan di masa lampau, future menyatakan kegiatan yang akan datang, progressive menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung atau durasi dari kejadian, perfect menyatakan kegiatan yang telah selesai.

Tenses bukanlah segala-galanya

Seperti halnya mempelajari grammar, jangan menjadikan bentuk waktu sebagai salah satu alasan sulit untuk patah semangat dalam belajar bahasa Inggris. Tenses bukanlah segala-galanya dalam mempelajari bahasa Inggris. Sama seperti halnya belajar tata bahasa, kemampuan untuk memahami dan menggunakan bentuk waktu ini akan anda kuasai seiring dengan proses belajar yang dilakukan. Tidak usah risau dan patah semangat di awal, jadikan sesuatu yang sulit menjadi motivasi, rasa ingin tahu yang kuat untuk senantiasa mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris anda.

Senantiasa praktik

Memahami teori saja tentunya tidak cukup kalau tidak dipraktikkan. Tidak ada yang cepat ataupun instan dalam mempelajari sesuatu, semuanya memerlukan usaha dan niat yang kuat. Kemudahan dalam belajarpun juga tidak akan bisa anda rasakan sendiri manakala belum dicoba. Praktikkan penggunaan tenses bahasa Inggris yang sudah anda pelajari melalui kegiatan writing maupun speaking secara langsung. Sekali lagi jangan takut membuat kesalahan, semakin anda mencoba dan pada akhirnya terbiasa, itulah kemudahan.